Ternak Blog Bikin Earning Adsense Makin Menggila, Ini Tipsnya!

“Duh Adsense…dapetnya susah, ngumpulin dolarnya setengah modar. “ Inikah uneg-uneg yang selalu melilit otak Anda?

Ngga usah dipikirin. Banyak teman yang senasib.

Itu hanyalah ‘karma’ untuk blogger yang ngeblog cuma mikirin duit. Kalo sekedar motivasi sih boleh, tapi bukan lantas jadi pondasi.

Bermain Adsense tak cukup dengan buat blog, daftar, ketrima, trus pasang iklan. Namun Anda kudu pinter ngatur strategi.

Pernah dengar multiblog atau istilah konyolnya adalah ‘ternak blog’? Kalo sering ngalor-ngidul di internet, pasti tahu sebutan ini.

Tapi benarkah ternak blog bisa merubah garis hoki seorang publisher Adsense? Ngga perlu pake analisa, itu 100% benar adanya. But, how..?

Tips Bermain Multiblog untuk Adsense

Google selaku pemberi iklan menyediakan jatah hingga 500 blog untuk dipasangi iklan kepada setiap publishernya.

Artinya, Google menghalalkan metode ternak blog untuk melipatgandakan penghasilan Anda. Meski begitu, bukan berarti kita bisa seenaknya mencetak banyak blog lalu menempelkan iklan Adsense di situ. Ada ‘rule of game’ nya.

Berikut ini adalah tips sekaligus syarat yang mesti Anda jalankan.

Patuh aturan Adsense

Adsense punya aturan main super ketat. Dari proses registrasi sampai jadi publisher, tak ada secuil pun peraturan yang boleh dilanggar. Kalo bandel, resikonya BANNED.

Inilah susahnya bermain multiblog. Makin banyak blog, makin banyak yang harus diawasi. Satu saja blog terdeteksi menyimpang dari aturan, iklan Adsense pada seluruh blog akan ‘ngeblank’ alias dinonaktifkan.

Supaya aman dan tentram, baca KUHP nya Google dengan cermat dan teliti. Kalo perlu hafal di luar kepala. Panduan lengkapnya bisa Anda baca langsung di situs resminya Google Adsense.

Blog sudah Oke

Bisa dikatakan oke, kalo semua blog sudah pada track-nya. Ya strukturnya, optimasinya, trafiknya, pageview-nya, dan promosinya. Istilah perangnya – blog siap tempur.

Jangan pakai aji mumpung. Mentang-mentang baru diterima Adsense, seluruh blog diboyong ke beranda Adsense untuk di autorisasi. Itu namanya spekulasi tanpa kalkulasi.

Uji dulu kelayakan blog Anda dengan memasang iklan selain Adsense. Hasil yang memuaskan bisa dijadikan lisensi bahwa blog Anda memang layak untuk dimonetisasi.

Soal domain nya gimana mas?

Itu terserah sampean, mau nembak yang hosted atau non hosted. Saran saya, targetkan ke non hosted supaya nantinya kode iklan bisa ditaruh pada domain TLD atau pun yang non TLD (blogspot).

Tidak pilih kasih

Sebagai blogger Anda tentu punya beberapa blog ‘simpanan’ yang jumlahnya lebih dari satu. Dan saya yakin, ngga semuanya terurus dengan layak. Iya kan? Hayo ngaku..!

Terlalu banyak blog telantar karena salah asuhan. Ini terjadi karena kesalahan blogger dalam memperlakukan blog.

Untuk sukses di bisnis Adsense dengan teknik multiblog, Anda ngga boleh pilih kasih. Maksimalkan semua potensi blog yang Anda miliki.

Lakukan treatmen yang sama dan seimbang agar tiap blog punya kompetisi dalam memberi kontribusi terhadap pendapatan Adsense Anda.

Ironis rasanya jika hanya 1 blog yang jadi pemasok dolar Adsense sementara faktanya Anda memainkan banyak blog. Sebisa mungkin jangan sampai timpang.

Andai 1 blog mampu menyumbang 100$ per bulan, bayangkan jika Anda punya 10 blog dengan kemampuan yang sama. Dalam setahun, saya yakin mobil idaman akan terparkir di halaman rumah Anda. (ngayal dulu boleh dong..!)

Pandai ‘ngutak-atik’ iklan

Kenapa harus pandai? Kalo bodo ngga naik kelas mas..(huss ngawur).

Begini mas dan mbak..

Punya multiblog, model template tiap blognya tentu berbeda tho?. Begitupun penempatan posisi iklannya. Disinilah perlunya ilmu memahami perilaku iklan.

Untuk semua blog, posisi dan ukuran iklan jangan dipukul rata. Anda harus bisa menyesuaikan perilaku iklan dengan dinamika template beserta widget-widget yang ada.

Kinerja iklan di blog A belum tentu sama dengan di blog B. Yang di blog B ngga sama dengan di blog C, begitu seterusnya.

 

Lakukan analisa untuk membaca fluktuasi pendapatan dari masing-masing unit iklan yang terpasang. Jangan takut bereksperimen untuk bisa menentukan jenis iklan dan posisi terbaik guna memaksimalkan earning Anda.

Jago Nulis

Menulis adalah aktivitas untuk membuat sebuah artikel. Lewat teknik menulis yang baik, sebuah artikel bisa dengan mudah dibuat. Dari sinilah suplai konten multiblog Anda berasal.

Distribusi update yang teratur akan memberi ‘nutrisi’ sebagai penyambung nyawa pada blog yang Anda pelihara.

Bagi Adsense pemula, high level writing skills menjadi syarat penting untuk bermain multiblog. Jadi, jangan nekad beternak blog jika update satu artikel saja Anda butuh waktu sampai berminggu-minggu.

Ingat, satu artikel yang dirilis bisa membuka peluang agar iklan diklik orang. Mulai saat ini, latih skil menulis Anda.

Berteman dengan SEO

Kenapa SEO harus diikutsertakan? SEO punya tugas untuk menyerap trafik organik. Trafik jenis ini punya pengaruh kuat pada nilai dan validitas sebuah klik iklan.

Makin banyak trafik organik, makin bagus performa blog Anda di mata Google. Selain itu, teknik SEO yang sehat akan selalu menjaga performa multiblog Anda untuk jangka panjang.

Kalo ingin multiblog Anda sukses di Adsense, pahami dan pelajari SEO. Ini harus dan wajib. Dari sini minimal blog Anda bisa hidup dengan trafik yang mengalir dari search engine.

Tapi dari media social bisa juga kan mas?

Boleh, tapi jangan mendominasi. Meski blog Anda dikerubungi ribuan pengunjung dari social media, ngga jaminan mendapat jumlah klik dengan nilai yang memadai.

Jadi, trafik organik tetap nomor satu. Oleh sebab itu, bertemanlah dengan SEO.

Manajemen Waktu

Mengurus ternak blog sangat merepotkan. Sumpah.

Anda harus punya banyak waktu dan tahu cara mengaturnya. Jika tidak, aktivitas blogging justru yang akan ‘merampas’ waktu Anda (tanpa disadari).

Riset keyword, share artikel, blogwalking, cari ide menulis sampai ke proses publikasi, dan lain-lain semua tidak terjadi dalam sekejab. Butuh proses yang memakan waktu.

Itu hanyalah cuplikan kecil aktivitas seorang blogger dalam mengurus satu blog. Gimana kalo multiblog?

Saya tidak bermaksud menyiutkan nyali Anda. Anggap saja ini sebagai warning bahwa main multiblog perlu MANAJEMEN WAKTU.

Agar bisa tumbuh dengan power yang sama, tiap blog perlu diatur jadwal offline dan online nya. Misal hari ini ngurus blog A, besok blog B, lusa blog C, dan seterusnya.

Jadi, berhasil tidaknya permainan multiblog tergantung komitmen Anda untuk mematuhi jadwal Anda sendiri.

Punya akun Adsense cadangan

Ini sekedar langkah antisipasi. Hal ini karena ternak blog rawan penalti. Lebih baik sedia payung sebelum hujan agar dolar Adsense tetap mengalir lancar.

Terlalu banyak blog yang diurus, kadang bisa membuat konsentrasi buyar. Kesalahan sepele bisa memicu reaksi hukuman dari Google. Penyebabnya bisa dari pihak lain atau dari Anda sendiri.

Saat hukuman dijatuhkan, earning Adsense akan lumpuh. Bisa berhari-hari bahkan selamanya, tergantung vonis yang Anda terima. Namun jika punya akun ‘serep’, tak ada yang perlu dicemaskan.

Sebelum memakai akun Adsense cadangan, perbaiki dulu kesalahan yang jadi biang masalahnya. Jangan sampai akun pengganti tersebut mengalami nasib serupa.

Ini Kesimpulan

Memiliki banyak blog bukanlah sebuah prestasi selama tidak dimanfaatkan sebagai  sumber rejeki.

Blog adalah alat pendulang dolar paling jitu.

Asalkan tahu skema kerjanya, platform milik Google ini bisa disandingkan bersama Adsense untuk mengantarkan pemiliknya menuju kesuksesan.

Anda punya resep sukses yang lain? Bagikan pengalaman Anda di sini.

Semoga bermanfaat.

Sumber : https://www.maseteguh.com/2016/11/tips-meningkatkan-pendapatan-adsense-lewat-teknik-multiblog.html

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *