Selasar

Selasar adalah platform digital pertama di Asia Tenggara yang digunakan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan wawasan dalam berbagai bidang keilmuan yang dijalankan oleh PT. Selasar Indonesia Baru.

Gagasan pembuatan platformdigital Selasar berangkat dari pemahaman bahwa pertanyaan adalah cara terbaik untuk membagikan ilmu pengetahuan, pengalaman, dan wawasan manusia.

Selasar memahami bahwa penemuan muncul, ilmu pengetahuan tumbuh, dan peradaban berkembang dengan diawali oleh pertanyaan-pertanyaan sederhana; pertanyaan yang menjelaskan kejadian-kejadian dunia, pertanyaan yang memandu pembuat kebijakan, dan pertanyaan yang membuka wawasan.

Sejarah

Selasar didirikan oleh Miftah Sabri,Muhammad Isa, Shofwan Al Banna Choiruzzad, Devie Rahmawati, dan Arief Mizan pada Februari 2014.

Ide awal pendirian Selasar adalah sebagai pasar gagasan (ideas marketplace) sehingga setiap orang dapat berbagi gagasan sesuai dengan kompetensinya masing-masing 

Dengan cara menulis artikel setara esai. Gagasan-gagasan yang ada kemudian dikurasi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Pada Desember 2016, Selasar menambahkan fitur baru di dalam platformnya, yaitu fitur tanya-jawab terkurasi.

Meskipun bersifat user generated content, konten berupa pertanyaan dan jawaban yang ada di Selasar tetap dikurasi demi mempertahankan kualitas konten yang selama ini menjadi ciri khas Selasar.

Penambahan fitur ini membuat lebih banyak orang bergabung untuk membagi tidak hanya gagasan, tetapi juga ilmu pengetahuan, pengalaman, dan wawasannya.

Pada tahap ini, turut bergabung Pepih Nugraha yang menjabat sebagai COO Kompasiana.

Proses perpisahan Pepih Nugraha yang disertai dengan sebuah tulisan berjudul Mengapa Saya Hengkang dari Palmerah ke Kemang?

Cukup mengagetkan banyak pihak. Tulisan ini kemudian menjadi viral terutama di kalangan Kompasianer, sebutan bagi para pengguna Kompasiana.

Selain Pepih, turut bergabung pula Arfi Bambani sebagai CCO (Chief Content Offiicer).

Jenis Produk

Teknologi Selasar memungkinkan penggunaan beberapa jenis produk oleh Selasares (pengguna Selasar). Jenis-jenis produk tersebut adalah sebagai berikut.

Ask Question—Selasares dapat mengajukan pertanyaan yang dikelompokkan pada topik tertentu.

Answer—Selasares dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan minat dan kompetensinya.

Ask to Answer—Selasares dapat meminta seseorang untuk menjawab pertanyaan yang diajukan.

Anonymous—Selasares dapat bertanya/menjawab dengan menyamarkan identitas aslinya.

Jurnal—Produk klasik Selasar yang memungkinkan Selasares menjelaskan ilmu pengetahuan, pengalaman, dan wawasan secara lebih komprehensif

Selain memiliki produk digital, Selasar juga menjalankan acara-acara berupa pertemuan baik di dalam maupun di luar ruangan secara berkala.

Bincang Selasar—Acara yang diselenggarakan oleh Selasar bekerja sama dengan pihak-pihak tertentu membahas topik yang sedang hangat diperbincangkan.

Bincang Selasar Kampus—Acara yang diselenggarakan oleh Selasar bekerja sama dengan pihak kampus untuk membahas solusi atas permasalahan yang ada.

2 Replies to “Selasar”

  1. The NBA playoffs now for today, have determined the warriors in the western conference and will compete for a spot in the finals quota, knight still don’t know who his opponent was.However, even in the face of the celtics or the wizards, presumably knight will be
    kyrie 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *