Google Apps

Google Apps

Google Apps for Work (sebelumnya Google Apps for Business) adalah serangkaian alat produktivitas komputasi awan dan perangkat lunak kolaborasi serta perangkat lunak yang ditawarkan secara berlangganan di Google.

 

Google Apps for Work

Pengembang Google Inc.

Produk:Gmail, Kalender, Hangouts, Drive, Documents, Spreadsheet, Slide, Google Sites, dan Vault.

Jenis:Rangkaian office dan Komputasi Awan

Lisensi Trialware (Ritel, lisensi volume, SaaS)

Situs web resmi Google Apps

Aplikasi ini meliputi aplikasi web populer Google termasuk Gmail, Google Drive, Google Hangouts, Google Kalender, dan Google Documents.

Sementara produk-produk ini tersedia bagi pelanggan secara gratis, Google Apps for Work menambahkan fitur khusus bisnis seperti alamat email khusus di domain Anda (@perusahaananda.com), minimal 30 GB penyimpanan untuk dokumen dan email, dan dukungan lewat telepon dan email 24/7.Sebagai solusi komputasi awan, aplikasi ini mengambil pendekatan yang berbeda dari perangkat lunak produktivitas kantor siap pakai dengan meng-hosting informasi pelanggan dalam jaringan pusat data Google yang aman,daripada pada peladen lokal tradisional yang terletak di dalam perusahaan.

 

Menurut Google, lebih dari 5 juta organisasi di seluruh dunia menggunakan Google Apps, termasuk 60 persen perusahaan-perusahaan Fortune 500.

 

Sejarah

10 Februari 2006 – Google meluncurkan uji Gmail untuk Domain Anda di San Jose City College, yang meng-hosting akun Gmail dengan alamat domain SJCC dan alat-alat admin untuk manajemen akun.

28 Agustus 2006 – Google meluncurkan Google Apps untuk Domain Anda, serangkaian aplikasi untuk organisasi. Tersedia secara gratis sebagai produk beta, aplikasi ini meliputi Gmail, Google Talk, Google Kalender, dan Google Page Creator yang diganti dengan Google Sites. Dave Girouard, yang selanjutnya menjadi wakil direktur Google dan manajer umum untuk perusahaan, menjelaskan manfaatnya bagi pelanggan bisnis: “Organisasi dapat menjadikan Google sebagai ahli dalam mengirim email berkualitas tinggi, perpesanan, dan layanan berbasis web lain sementara mereka fokus pada kebutuhan para penggunanya dan bisnis sehari-hari mereka.”

10 Oktober 2006 – Edisi untuk sekolah, yang dikenal sebagai Google Apps for Education, diumumkan.

22 Februari 2007 – Google memperkenalkan Google Apps untuk Bisnis, yang berbeda dari versi gratis dengan menawarkan lebih banyak penyimpanan (10 GB per akun), API untuk integrasi bisnis, dan perjanjian tingkat layanan waktu operasi 99,9%. Harganya $50 per akun pengguna per tahun. Menurut Google, pengguna awal Google Apps untuk Bisnis meliputi Procter & Gamble, San Francisco Bay Pediatrics, dan Salesforce.com.

25 Juni 2007 – Google menambahkan sejumlah fitur ke Google Apps, termasuk migrasi email, yang memungkinkan pelanggan mentransfer data email yang ada dari peladen IMAP.Artikel ZDNet mencatat bahwa Google Apps saat ini menawarkan alat untuk beralih dari Exchange Server dan Lotus Notes yang populer, sehingga memposisikan Google sebagai alternatif untuk Microsoft dan IBM.

3 Oktober 2007 – Sebulan setelah mengakuisisi Postini, Google mengumumkan bahwa opsi keamanan dan kepatuhan email permulaan telah ditambahkan ke Google Apps untuk Bisnis. Pelanggan sekarang memiliki kemampuan untuk mengkonfigurasi dengan lebih baik penyaringan spam dan virus, menerapkan kebijakan retensi, memulihkan pesan yang terhapus, dan memberikan akses administrator ke semua email.

26 Februari 2008 – Google memperkenalkan Google Sites, alat baru Google Apps yang sederhana untuk membuat intranet dan situs web tim.

9 Juni 2010 – Google meluncurkan Google Apps Sync for Microsoft Outlook, plugin yang memungkinkan pengguna menyinkronkan email, kalender, dan data kontak mereka antara Outlook dan Google Apps.

7 Juli 2010 – Google mengumumkan bahwa layanan yang termasuk dalam Google Apps—Gmail, Google Kalender, Google Documents, dan Google Talk—tidak lagi dalam beta.

9 Maret 2010 – Google membuka Google Apps Marketplace, toko online untuk aplikasi bisnis pihak ketiga yang terintegrasi dengan Google Apps, untuk memudahkan pengguna dan perangkat lunak melakukan bisnis di awan. Vendor yang berpartisipasi meliputi Intuit, Appirio, dan Atlassian.

26 Juli 2010 – Google memperkenalkan Google Apps untuk Pemerintah, edisi Google Apps yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan kebijakan unik dan keamanan sektor publik. Diumumkan pula bahwa Google Apps telah menjadi rangkaian pertama aplikasi awan untuk menerima sertifikasi dan akreditasi Federal Information Security Management Act (FISMA).

26 April 2011 – Hampir lima tahun setelah peluncuran Google Apps, Google mengumumkan bahwa organisasi dengan lebih dari 10 pengguna tidak lagi memenuhi syarat untuk menggunakan Google Apps edisi gratis. Mereka harus mendaftar versi berbayar, yang saat ini dikenal sebagai Google Apps for Business. Paket pembayaran yang fleksibel juga diperkenalkan, yang memberikan pelanggan pilihan membayar $5 per pengguna per bulan tanpa komitmen kontrak.

28 Maret 2012 – Google meluncurkan Google Apps Vault, layanan Penemuan elektronik dan pengarsipan opsional bagi pelanggan Google Apps for Business.

24 April 2012 – Google memperkenalkan Google Drive, platform untuk penyimpanan dan berbagi file. Setiap pengguna Google Apps for Business  diberikan 5 GB Penyimpanan Google Drive, dengan opsi pembelian lebih banyak.Para pengamat mencatat bahwa Google saat ini telah memasuki pasar penyimpanan awan, berkompetisi dengan para pemain seperti Dropbox dan Box.

6 Desember 2012 – Google mengumumkan bahwa Google Apps versi gratis tidak lagi tersedia bagi pelanggan baru.

13 Mei 2014 – Google meningkatkan kuota Penyimpanan Google Drive bagi pelanggan Google Apps. Google memadukan 15 GB pada Gmail dan 5 GB pada Drive, sehingga meningkatkannya menjadi 30 GB total per pengguna yang dapat digunakan di seluruh produk Apps termasuk Gmail dan Google Drive.

10 Maret 2014 – Google meluncurkan Program Rujukan Google Apps, yang menawarkan kepada partisipan bonus rujukan senilai $15 bagi tiap pengguna Google Apps baru yang mereka rujuk.

25 Juni 2014 – Google mengumumkan Drive for Work, Google Apps baru yang menawarkan fitur penyimpanan file tanpa batas, pelaporan audit canggih, dan kontrol keamanan baru dengan harga $10 per pengguna per bulan.

2 September 2014 – Google Enterprise, divisi produk bisnis perusahaan, nama secara resmi menjadi Google for Work. “Kami tak pernah mulai membuat bisnis ‘perusahaan’ tradisional—kami ingin menciptakan cara baru melakukan kerja,” jelas Eric Schmidt, pimpinan eksekutif Google. “Jadi, sudah tiba waktunya bagi nama kami untuk meraih ambisi kami.” Untuk mencerminkan perubahan besar ini, Google Apps for Business diganti nama menjadi Google Apps for Work.

14 November 2014 – Pada edisi gratis, domain sekunder Google Apps tidak didukung. Google Apps edisi gratis hanya mendukung alias domain.

7 April 2015 – Google mengumumkan bahwa perusahaan di Indonesia sekarang dapat membeli Google Apps for Work di harga yang lebih rendah. Perangkat produktivitas berdasar komputasi awan ini sekarang harganya $30 per orang per tahun, tidak lagi $50 per orang per tahun. Penurunan harga 40% ini dilakukan untuk menolong perusahaan-perusahaan kecil untuk merasakan keamanan dan produktivitas bekerja dalam komputasi awan.

 

Produk

Berbagai produk dan layanan Google Apps for Work terdiri atas Gmail, Google Kalender, Google Drive, Hangouts, Google Documents, Google Spreadsheet, Google Slide, Google Formulir, Google Sites, Google+, dan Google Apps Vault. Dengan pengecualian Google Apps Vault,semua termasuk dalam paket dasar, dengan harga $3 per pengguna per bulan atau $30 per pengguna per tahun. Paket premium, Drive for Work, meliputi Google Apps Vault ditambah penyimpanan tanpa batas tersedia dengan harga $10 per pengguna per bulan.

 

Gmail

Diluncurkan dalam peluncuran terbatas tanggal 1 April 2004, Gmail saat ini merupakan layanan email web yang paling populer di dunia.Gmail menjadi terbuka bagi semua pelanggan tahun 2007. Sejak Juni 2012, 425 juta orang menggunakan Gmail, menurut Google.

 

Versi pelanggan gratis Gmail didukung dengan periklanan teks terkait isi pesan email orang.Fitur populer meliputi 15 GB penyimpanan gratis, percakapan terutas, kemampuan pencarian tangguh, dan antarmuka seperti aplikasi.

 

Sementara serupa dengan versi gratis, Gmail di Google Apps for Work menambahkan sejumlah fitur yang dirancang bagi pengguna bisnis.

 

Fitur ini meliputi:

 

Email khusus termasuk nama domain pelanggan (@perusahaananda.com)

Waktu operasi 99,9% terjamin dengan tanpa adanya waktu lumpuh untuk pemeliharaan yang Anda jadwalkan

Penyimpanan 30 GB atau tanpa batas yang dibagikan ke Google Drive, tergantung paket

Tanpa iklan

Dukungan pelanggan 24/7

Google Apps Sync untuk Microsoft Outlook

Google Drive

Layanan penyimpanan dan sinkronisasi file Google dirilis pada tanggal 24 April 2012,minimal enam tahun setelah rumor tentang produk mulai beredar pertama kali.Pengumuman resmi Google menjelaskan Google Drive sebagai “tempat di mana Anda dapat membuat, berbagi, berkolaborasi, dan menjaga semua item Anda.”

 

Dengan Google Drive, pengguna dapat mengunggah jenis file apa pun ke awan, membagikannya ke orang lain, dan mengaksesnya dari komputer mana saja, tablet, atau ponsel cerdas. Pengguna dapat secara mudah menyinkronkan file antara komputernya dan awan dengan aplikasi desktop untuk Mac dan PC. Aplikasi ini meletakkan folder khusus pada komputer dan semua perubahan yang dilakukan pada sinkronisasi file di seluruh Drive, di web, dan di seluruh perangkat. Versi pelanggan Google Drive meliputi 15 GB penyimpanan bersama di seluruh Gmail, Drive, dan Google+ Foto.

 

Saat ditawarkan sebagai bagian dari Google Apps for Work, Google Drive muncul dengan fitur tambahan yang dirancang untuk keperluan bisnis. Fitur ini meliputi:

 

Penyimpanan 30 GB atau tanpa batas yang dibagikan ke Gmail, tergantung paket

Dukungan pelanggan 24/7

Berbagi kontrol yang menjaga privasi file hingga pelanggan memutuskan untuk membagikannya

Audit dan pelaporan canggih

Google Documents, Spreadsheet, Slide, dan Formulir

Google Apps meliputi editor online untuk membuat dokumen teks atau format file dokumen, spreadsheet, presentasi, dan survei.Rangkaian alat dirilis pertama kali tanggal 11 Oktober 2006, sebagai Google Documents & Spreadsheet.

 

Pekerjaan Google Documents, Spreadsheet, Slide, dan Formulir di dalam penjelajah web apa pun atau pada perangkat seluler berbasis web apa pun. Dokumen, spreadsheet, presentasi, dan survei dapat dibagikan, diberi komentar, dan diedit bersama secara real time. Fitur tambahan meliputi riwayat revisi tanpa batas yang menjaga semua perubahan tetap aman dalam satu tempat dan akses offline yang memungkinkan orang-orang mengerjakan dokumennya tanpa koneksi internet.

 

Pada tanggal 25 Juni 2014, Google memperkenalkan pengeditan asli untuk file Microsoft Office di Google Documents, Spreadsheet, dan Slide.Komentar serupa yang menggema dalam artikel lain, jurnalis Mashable menulis, “Google secara jelas memposisikan aplikasinya sebagai solusi yang lebih terjangkau bagi perusahaan yang perlu mengedit sewaktu-waktu file Office.”

 

Google Sites

Diperkenalkan pada tanggal 28 Februari 2008, Google Sites memungkinkan orang-orang membuat dan mengedit laman web meskipun mereka tidak terbiasa dengan HTML atau desain web.Orang-orang dapat membangun situs dari awal sekali atau dengan template, mengunggah konten seperti foto dan video,dan mengontrol izin akses dengan memilih siapa yang dapat melihat dan mengedit setiap laman.

 

Google Sites diluncurkan sebagai bagian dari rangkaian Google Apps berbayar namun segera menjadi tersedia bagi pelanggan juga. Pelanggan bisnis menggunakan Google Sites untuk membuat situs proyek, intranet perusahaan, dan situs publik.

 

Google Kalender

Dirancang untuk berintegrasi dengan Gmail, layanan kalender online Google diluncurkan ke pelanggan pada tanggal 13 April 2006. Layanan ini menggunakan standar iCal untuk bekerja dengan aplikasi kalender lain.

 

Kalender online Google adalah kalender online terintegrasi dan dapat digunakan bersama yang dirancang untuk tim.Bisnis dapat membuat kalender tim khusus dan membagikannya ke seluruh perusahaan.Kalender dapat didelegasikan ke orang lain untuk mengelola kalender dan peristiwa khusus.Orang-orang juga dapat menggunakan Google Kalender untuk melihat apakah ruang rapat atau sumber daya bersama kosong, dan menambahkan peristiwa.

 

Fitur Google Kalender yang membantu meliputi:

 

Berbagi kalender dengan rekan tim dan orang lain untuk memeriksa ketersediaan

Menampilkan kalender rekan tim menjadi satu tampilan untuk menemukan waktu kapan semua orang tersedia

Menggunakan aplikasi seluler atau menyinkronkan dengan kalender internal pada perangkat seluler

Mempublikasikan kalender ke web, dan integrasi ke Google Sites

Migrasi sederhana dari Exchange, Outlook, atau iCal, atau dari file .ics dan .csv

Memesan ruang dan sumber daya bersama

Google Hangouts

Pada tanggal 15 Mei 2013, Google mengumumkan bahwa alat obrolan teks, suara, dan video baru akan menggantikan layanan Google Talk, Google Voice, dan Google+ Hangouts.Dikenal sebagai Google Hangouts, alat ini memungkinkan hingga 10 orang untuk versi pelanggan dan hingga 15 orang untuk versi kantor bergabung dalam percakapan dari komputer atau perangkat seluler mereka.Peserta dapat berbagi layar dan tampilan dan mengerjakan sesuatu bersama.Layanan Hangouts On Air memungkinkan orang melakukan streaming siaran langsung ke Google+, YouTube, dan situs web mereka.

 

Versi Hangouts yang disertakan dengan Google Apps for Work mendukung hingga 15 peserta, dan administrator dapat memilih untuk membatasi Hangouts hanya untuk orang dalam domain yang sama, dengan membatasi akses peserta luar.

 

Aplikasi Hangouts menjaga pesan tetap tersimpan secara online di awan Google, dan menawarkan pilihan untuk mematikan riwayat jika diinginkan.Dan integrasi Google+ menyimpan setiap foto orang satu sama lain dalam album bersama pribadi di Google+.

 

Pada tanggal 30 Juli 2014, Google mengumumkan bahwa semua pelanggan Google Apps akan memiliki akses ke Hangouts, termasuk pelanggan tanpa profil Google+.Google juga bermitra untuk berintegrasi dengan penyedia obrolan video lainnya – seperti Blue Jeans Network dan Intercall.Google juga mengumumkan bahwa Hangouts tercakup di bawah Persyaratan Layanan yang sama dengan produk Google Apps for Work lainnya seperti Gmail dan Drive. Pelanggan Apps for Work juga mendapatkan dukungan layanan 24/7 untuk Hangouts, waktu operasi 99,9% terjamin, dan sertifikasi ISO27001 dan SOC 2.

 

Pada tanggal 19 Desember 2014, Google mengumumkan melalui pos Google+ bahwa mereka menghadirkan kembali salah satu fitur paling diminati untuk Hangouts di Gmail. Admin Apps memiliki kontrol untuk menjaga agar pesan status hanya nampak secara internal.

 

Google+

Layanan jejaring sosial Google, Google+, diluncurkan pada tanggal 28 Juni 2011, dalam uji coba lapangan undangan saja.Para peneliti menyatakannya sebagai upaya terakhir Google untuk menantang raksasa sosial Facebook.Sementara Google+ setelah mengambil alih posisi Twitter untuk menjadi jejaring sosial terbesar kedua di dunia setelah Facebook,dikritik karena mengecewakan pengguna dan gagal menghasilkan lalu lintas rujukan.

 

Pada tanggal 27 Oktober 2011, Google mengumumkan bahwa Google+ tersedia untuk orang yang menggunakan Google Apps di perguruan tinggi, kantor, dan rumah.

 

Pada tanggal 29 Agustus 2012, Google mengumumkan bahwa setelah menerima masukan dari pelanggan bisnis yang berpartisipasi dalam program uji, mereka menyesuaikan fitur Google+ untuk organisasi. Fitur-fitur ini meliputi berbagi privasi dalam organisasi dan kontrol administratif yang membatasi visibilitas profil dan pos.

 

Pada tanggal 5 November 2013, Google menambahkan lapisan keamanan tambahan untuk komunitas terbatas yang hanya dapat dimasuki oleh orang dalam organisasi. Administrator memiliki opsi untuk mengatur komunitas terbatas secara standar dan memilih kapan orang di luar organisasi dapat masuk.

 

Google+ sebagai jaringan bisnis menerima tinjauan gabungan, mulai dari memiliki fitur yang membantu bisnis kecil mendapatkan perhatian secara online terhadap orang-orang yang pusing atas mereknya hingga menjadi pemain penting dalam strategi pemasaran sosial untuk bisnis.Banyak artikel online menekankan bahwa kehadiran Google+ membantu bisnis dengan peringkat hasil Google Penelusuran karena postingan dan pembagian Google+ segera diindeks oleh Google.

 

Google Apps Vault

Google Apps Vault, layanan pengarsipan dan eDiscovery yang secara eksklusif tersedia bagi pelanggan Google Apps, diumumkan pada tanggal 28 Maret 2012.Vault memungkinkan pelanggan mencari dan menyimpan pesan email yang mungkin relevan dengan proses pengadilan. Google Apps Vault juga membantu mereka mengelola data bisnis untuk keperluan kelanjutan, kepatuhan, dan peraturan. Sejak 25 Juni 2014, pelanggan Vault juga dapat menelusuri, melakukan pratinjau, dan mengekspor file Google Drive.

 

Google Apps Vault dimasukkan sebagai bagian dari Drive for Work dengan penyimpanan tanpa batas, yang tersedia dengan harga $10 per pengguna per bulan.

 

Penetapan Harga

Saat calon pelanggan mendaftar untuk Google Apps for Work, mereka mendapatkan uji coba 30 hari gratis untuk hingga 10 pengguna.Setelah uji coba, mereka dapat memilih paket tahunan dengan harga $30 per pengguna per tahun atau paket fleksibel dengan harga $3 per pengguna per bulan atau $36/tahun. Kedua paket ini akan ditagih secara bulanan.

 

Dengan paket fleksibel, pelanggan memiliki opsi menambah penyimpanan tanpa batas dan Google Apps Vault dengan biaya bulanan total $10 per pengguna. Untuk organisasi dengan kurang dari lima pengguna, penyimpanan dibatasi hingga 1 TB per pengguna dengan opsi ini.

Keamanan

Google menyatakan bahwa mereka tidak memiliki data pelanggan. Data disimpan di pusat data Google, dan aksesnya terbatas bagi karyawan dan personel tertentu.Mereka tidak berbagi data dengan pihak lain, hanya akan menyimpan data sepanjang diminta oleh pelanggan, dan pelanggan dapat mengambil data jika mereka bermigrasi dari Google Apps.

 

Google Apps menawarkan keamanan dan kepatuhan kelas perusahaan, termasuk SSAE 16 / ISAE 3402 Tipe II, SOC 2-audit, sertifikasi ISO 27001, kepatuhan terhadap Safe Harbor Privacy Principles, dan dapat mendukung persyaratan khusus industri seperti Health Insurance Portability and Accountability Act (HIPAA).Google mengklaim bahwa pencekal spam terintegrasi ke dalam Google Apps dengan pemeriksaan virus internal dan memeriksa dokumen sebelum memungkinkan pengguna mengunduh suatu pesan.

 

Google memastikan bahwa semua file yang diunggah ke Google Drive terenkripsi, dan bahwa setiap email yang dikirim atau diterima terenkripsi saat dipindahkan secara internal di antara pusat data.Dalam postingan blog, Google for Work menyatakan bahwa mereka menawarkan komitmen kontrak yang kuat untuk melindungi informasi pelanggan dan tidak menunjukkan iklan atau memindai informasi pelanggan untuk iklan.

 

Penggunaan

Google Apps mengklaim bahwa lebih dari 5 juta perusahaan menggunakan perangkat mereka, baik versi gratis maupun berbayar.

Menurut Presiden Google for Work, Amit Singh, 60% dari perusahaan Fortune 500 menggunakan layanan Google for Work.Berbagai pelanggan di seluruh industri di seluruh dunia termasuk Uber,AllSaints,Buzzfeed,Design Within Reach,Virgin, PwC dan masih banyak lagi. Banyak pelanggan yang menggunakan Apps ditampilkan pada laman pelanggan Apps.

 

Agen dan Reseller Google

Google memiliki ekosistem reseller yang membantu para calon pengguna mengoperasikan Apps. Direktori Mitra membantu orang mencari mitra. Pada tanggal 10 Maret 2014, Google meluncurkan program rujukan, yang memberikan $15 kepada perujuk untuk setiap orang yang mendaftar.Program ini awalnya ditujukan untuk siapa pun yang tinggal di AS dan Kanada. Cetakan program rujukan menunjukkan bahwa orang-orang dapat merujuk pelanggan dengan jumlah tanpa batas, namun mereka diberikan imbalan untuk setiap 100 pengguna pertama pelanggan rujukan.

 

Pada tanggal 4 Desember 2014, Google memperkenalkan Program Mitra Google for Work and Education yang membantu mitra menjual, melayani, dan berinovasi di seluruh rangkaian produk dan platform Google for Work and Education.

 

Google Apps Marketplace

Google Apps Marketplace yang diluncurkan pada tahun 2010 adalah toko online dengan aplikasi awan berorientasi bisnis yang menambahkan fungsionalitas Google Apps.Marketplace memungkinkan administrator menelusuri, membeli, dan memasang aplikasi awan berorientasi bisnis yang terintegrasi. Aplikasi ini tersedia untuk Google Apps, Google Apps for Work, dan Google Apps for Education.

 

Pengembang juga dapat mengembangkan aplikasi di Marketplace, dan menjual aplikasi serta layanan di Marketplace.Pada tanggal 6 Maret 2014, Google mengumumkan bahwa pelanggan Google Apps telah menambahkan lebih dari 200 juta pemasangan dari pasar sejak peluncuran Marketplace tahun 2010.

 

Pada tanggal 17 September 2014, Google merilis postingan blog bahwa karyawan dapat memasang aplikasi pihak ketiga dari Marketplace tanpa melibatkan administrator.

 

Tinjauan Online

Google Apps telah menerima banyak ulasan positif secara online dengan rata-rata 4-5 bintang pada skala 5 bintang.Ulasan memuji Google Apps karena penetapan harganya yang kompetitif, penawaran rangkaian semua termasuk, pengaturan mudah, dan bekerja dengan baik di seluruh perangkat.Beberapa tinjauan negatif menunjukkan bahwa Google Apps, Google Presentations, dan Google Documents tidak memiliki tingkat fitur yang sama yang memberikan dokumen yang tampak profesional yang dibuat dalam Powerpoint dan Microsoft Word.

 

Bagian Kompetitif

Pesaing utama rangkaian Google Apps adalah Microsoft Office 365—penawaran berbasis awan Microsoft untuk bisnis yang meliputi produk serupa. Peninjau online berbeda pendapat tentang penawaran mana yang lebih baik. Tinjauan mencatat bahwa Google Apps dan Microsoft 365 serupa dalam hal peringkat namun memiliki fitur yang sangat berbeda.

 

Perbedaan utama terletak pada paket penetapan harga, ruang penyimpanan, dan jumlah fitur. Microsoft 365 cenderung memiliki jumlah fitur yang lebih banyak daripada Google Apps, namun banyak di antaranya yang biasanya tidak terpakai. Google tidak merilis angka pendapatan atau pengguna, yang menyulitkan peninjau untuk membandingkan kesuksesan Google Apps dengan Microsoft Office.Sejak Oktober 2014, Microsoft memiliki 7 juta pelanggan untuk produk Office 365 dan meningkat sekitar 25% dalam triwulan terakhir.Microsoft juga mengumumkan bahwa Microsoft memberikan penyimpanan tanpa batas ke pelanggan yang membeli versi awan Microsoft Office 365.

 

Saat ini tidak ada produk baru yang menyaingi rangkaian Google Apps karena biaya untuk bersaing pada satu produk, seperti email, terlalu tinggi dan sulitnya peluang meningkatkan pendapatan.

 

Dengan SKU baru dari Google Apps, Apps dengan Penyimpanan Tanpa Batas dan Vault, Google Apps telah menarik para pesaing baru – Box, Dropbox, dan OneDrive.

 

Produk Terkait

Google Apps for Work merupakan bagian dari banyak produk lain dalam produk untuk kantor dari Google .Produk-produk ini meliputi Google Cloud Platform, Google Penelusuran untuk Kantor, Google Maps for Work, Google Chrome for Work.

45 Replies to “Google Apps”

  1. I am only writing to make you know what a incredible discovery my wife’s princess experienced reading through the blog. She learned a wide variety of things, including what it is like to possess an excellent giving mindset to get the rest easily completely grasp a number of extremely tough subject areas. You undoubtedly did more than our expectations. I appreciate you for imparting such priceless, safe, edifying as well as unique tips on that topic to Lizeth.

  2. I wish to express my thanks to the writer for bailing me out of this issue. Just after looking out through the internet and meeting ways which were not powerful, I thought my entire life was over. Existing minus the answers to the problems you’ve sorted out by way of your good website is a serious case, and the ones that could have in a negative way damaged my career if I hadn’t encountered your blog. Your training and kindness in dealing with every part was precious. I’m not sure what I would’ve done if I hadn’t discovered such a step like this. It’s possible to at this moment look ahead to my future. Thanks for your time very much for this specialized and results-oriented guide. I will not be reluctant to recommend the blog to anybody who needs care on this subject matter.

  3. I have to voice my gratitude for your generosity for individuals that must have help on this idea. Your real dedication to getting the solution up and down turned out to be wonderfully powerful and have usually permitted most people like me to attain their desired goals. Your own insightful guidelines denotes a lot a person like me and substantially more to my colleagues. Many thanks; from all of us.

  4. My spouse and i felt very delighted Jordan managed to finish up his researching by way of the ideas he made in your weblog. It is now and again perplexing to just always be handing out solutions which the rest could have been trying to sell. And we all recognize we now have you to give thanks to for that. The type of explanations you made, the straightforward blog menu, the relationships you will make it possible to promote – it is everything wonderful, and it is helping our son in addition to our family know that this situation is pleasurable, and that is extremely essential. Thanks for all the pieces!

    1. Pasangan saya dan saya merasa sangat senang Jordan berhasil menyelesaikan risetnya melalui ide-ide yang dibuatnya di weblog Anda. Sekarang dan lagi membingungkan untuk hanya selalu membagikan solusi yang sisanya bisa mencoba untuk menjual. Dan kita semua tahu sekarang kita harus bersyukur untuk itu. Jenis penjelasan yang Anda buat, menu blog yang lugas, hubungan yang Anda akan memungkinkan untuk mempromosikan – itu adalah segalanya indah, dan itu membantu anak kami di samping keluarga kami tahu bahwa situasi ini menyenangkan, dan itu sangat penting . Terima kasih untuk semua bagiannya!

  5. My spouse and i got now satisfied that Ervin could conclude his research using the precious recommendations he had out of the blog. It is now and again perplexing just to always be giving out ideas which the others might have been trying to sell. And we all consider we have you to be grateful to for this. The explanations you made, the simple web site navigation, the relationships you will help to create – it is all extraordinary, and it’s really letting our son and the family understand that matter is enjoyable, and that’s tremendously indispensable. Thank you for everything!

  6. According to The Fear of The Sword, The knight’s point guard deron Williams is a fan of MMA (mixed), compared to The basketball game, deron prefer to watch The ultimate fighting championship.Deron Williams recently said in an interview, he retired from the NBA
    kyrie 4 http://chilp.it/43c0b8f

  7. According to The Fear of The Sword, The knight’s point guard deron Williams is a fan of MMA (mixed), compared to The basketball game, deron prefer to watch The ultimate fighting championship.Deron Williams recently said in an interview, he retired from the NBA
    kyrie 4 https://42.herber.pl/kyrie4

  8. For Jordan and gregg popovich comments James never hit back, but just yesterday in the knight’s basketball stadium set aside a James training video, far look like illusions emerged both Owen, a carefully look just know is James
    kyrie 4 http://gul.ly/smkwz

  9. Because Michael Owen at the side of huang zhan, so his nickname called small report.The earliest Owen left the impression of the world, is probably the flashy passing movements and dazzling breakthroughs, remember in the rookie challenge, he drew down two slipped past knight
    kyrie 4 http://fhc.io/kyrie4

  10. You can certainly see your skills within the paintings you write. The sector hopes for more passionate writers such as you who are not afraid to mention how they believe. Always follow your heart. “Experience is a good school, but the fees are high.” by Heinrich Heine.

  11. Hey there! I just wanted to ask if you ever have
    any issues with hackers? My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing
    months of hard work due to no data backup. Do you have any solutions to
    protect against hackers?

  12. Does your website have a contact page? I’m having
    trouble locating it but, I’d like to send you an e-mail. I’ve got
    some creative ideas for your blog you might be interested in hearing.

    Either way, great website and I look forward to seeing it grow
    over time.

  13. Aw, this was a really nice post. Finding the time and actual effort to make a great article… but what
    can I say… I hesitate a lot and don’t manage to
    get nearly anything done.

  14. I like the helpful information you provide in your articles.
    I’ll bookmark your weblog and check again here regularly. I am quite certain I’ll learn many new stuff right here!
    Good luck for the next!

  15. It is perfect time to make some plans for the longer term and it’s time to be happy.
    I have read this post and if I may just I wish to suggest you few interesting issues or advice.
    Maybe you could write subsequent articles regarding this article.
    I wish to read more issues about it!

  16. We’re a group of volunteers and opening a new scheme in our community.
    Your web site offered us with valuable information to work on. You have done an impressive job
    and our entire community will be thankful to you.

  17. Very nice post. I just stumbled upon your weblog and wanted to say that I’ve
    really enjoyed browsing your blog posts. In any case I will
    be subscribing to your rss feed and I hope you write again soon!

  18. I loved as much as you will receive carried out right here.
    The sketch is attractive, your authored subject matter stylish.

    nonetheless, you command get got an nervousness over that you wish be delivering
    the following. unwell unquestionably come further formerly again since exactly
    the same nearly a lot often inside case you shield this hike.

  19. When I initially commented I appear to have clicked on the -Notify me when new comments are added- checkbox and now every time a comment is added I receive four emails with the exact
    same comment. There has to be a way you are able to remove me from that
    service? Kudos!

  20. Hi there! I know this is kinda off topic nevertheless I’d figured
    I’d ask. Would you be interested in trading links or maybe guest authoring
    a blog article or vice-versa? My website covers a lot of the same subjects as
    yours and I think we could greatly benefit from each other.
    If you are interested feel free to send me an e-mail.
    I look forward to hearing from you! Wonderful
    blog by the way!

  21. Hi there! Do you know if they make any plugins to
    assist with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank
    for some targeted keywords but I’m not seeing very good success.
    If you know of any please share. Many thanks!

  22. I have been browsing online more than 2 hours today, yet I never found
    any interesting article like yours. It’s pretty worth enough for me.
    Personally, if all webmasters and bloggers made good content as you did, the net will be much more useful than ever before.

  23. Hi there! This blog post couldn’t be written any better!
    Looking at this article reminds me of my previous roommate!
    He continually kept preaching about this. I’ll forward this
    information to him. Fairly certain he’s going to have
    a very good read. I appreciate you for sharing!

  24. I was wondering if you ever thought of changing
    the layout of your website? Its very well written; I love what youve got
    to say. But maybe you could a little more in the way of content so people could
    connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having one
    or two pictures. Maybe you could space it out better?

  25. I do believe all the concepts you’ve introduced in your post.
    They are very convincing and can definitely work. Nonetheless,
    the posts are too short for starters. Could you please
    extend them a little from subsequent time? Thank you
    for the post.

  26. I simply could not depart your site prior to suggesting that I really loved the standard info a
    person provide to your guests? Is going to be again continuously in order to inspect new
    posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *