Cara Ternak Blog Untuk Newbie

Assalamu’alaikum…!!!​

Sebenarnya ane hanya iseng untuk menulis thread ini… Sebab sudah lama tidak berkontribusi pada forum tercinta yang membesarkan nama ane. Terlalu lama terdiam dan menjadi silent reader…!!! Tapi siapa tahu thread kali ini bisa membantu bagi kalangan newbie yang ingin belajar ngeblog serta masih mempunyai sifat labil alias tidak punya pendirian. :D (ane salah satunya).

Sebelum ane beranjak pada topik, ane akan sedikit bercerita mengenai seluk-beluk dunia blogging. Karena semakin digemari, maka terasa akan semakin sulit menggapainya. Keinginan untuk meraih posisi pertama menjadi tujuan utama. Yang pada akhirnya, seburuk-buruknya paling tidak bisa menduduki halaman satu di Pencarian Google. Tapi keinginan itu pupus ketika pesaing semakin besar dan mengalahkan semua kehendak kita. (maklum hanya bermodal kantong tipis). :D

Ane juga sudah pernah menulis tentang Pertanyaan Yang Sering Muncul Pada Blogger Newbie di forum ini. Dan hal tersebut tidak jauh dengan Bagaimana Cara menaikkan visitor blog? Sudah sangat umum, semua blogger ingin blognya menjadi yang terbaik. Tapi apa semua sesuai harapan? Tentunya tidak semudah membalik telapak tangan. Butuh perjuangan, butuh waktu, dan butuh pemahaman yang lebih agar kita bisa mengenal dunia blogging. Sebab ada pepatah yang mengatakan ” Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Jadi pelajari dulu, baru diterapkan….!!! :D

Kembali pada ulasan seperti yang sudah ane tulis pada judul, membuat blog itu gampang-gampang susah. Sebab terkadang ada rasa bosan ketika visitor blog tak kunjung naik. Nah, bagaimana cara mengatasinya? Salah satu yang bisa agan terapkan ialah dengan membuat blog lain yang bisa mengurangi titik jenuh yang sedang memuncak. Hal ini sering dimanfaatkan oleh @KangAndre .. Dan mungkin beliau lebih paham sehingga lebih pantas untuk menjelaskan thread yang ane tulis. :D (sporanah kang). Tapi karena beliau orang yang super sibuk, mungkin sedikit tutorial dari ane akan memberikan manfaat untuk para pembaca! Sebagai pengganti dari beliau yang pakarnya soal ternak blog.

Kenapa Ada Keinginan Untuk Ternak Blog?
Agan pasti sudah tahu tentang beberapa platform yang menyediakan blog gratis sehingga bisa kita buat dan memaksimalkan fungsinya. Ane sebut yang paling familiar saja (Blogger dan WordPress). Kedua penyedia ini mendukung kreatifitas kita untuk menulis. Nah, keinginan lain tentunya berkaitan dengan rasa jenuh (bosan) dengan satu bahasan saja pada blog (meski bisa diakali dengan membuat blog gado-gado (campuran). Tapi menurut ane, dengan judul yang lebih spesifik, maka akan lebih mempermudah google mengcrawl blog kita. So,,, fokuskan saja pada satu bahasan… :D toh blognya gratis kok, tinggal buat sebanyak-banyaknya…!!!

Bagaimana Cara Memilih Niche (Bahasan) Yang Sesuai Dan Mudah Diterapkan?
Untuk cara ini setiap blogger mempunyai pemikiran berbeda untuk menganalisis, dan ane juga pernah membahas Trend Niche Blog Yang Tidak Ada Matinya Dan Selalu Ramai Pengunjung pada post sebelumnya. Silahkan disimak dulu…!!! Siapa tahu bisa memberikan pencerahan!!! :D Memilih niche bisa datang ketika kita sedang mencari salah satu kunci di Google, karena tertarik maka kita bisa membuatnya. (Alirkan saja apa yang ada dalam pikiran kita). Ane juga sedang coba tentang Cara Menghilangkan Jerawat… Wkwkwkwk :D

Apa Itu Ternak Blog Dan Bagaimana Caranya?
Istilah ternak blog sering muncul pada kalangan blogger. Yang pada intinya ialah membuat blog dengan jumlah lebih dari satu. Jadi setiap harinya agan akan membuat postingan dengan bahasan berbeda. Jadi dengan begitu agan akan lebih leluasa dalam mengeluarkan inspirasi serta lebih banyak membaca informasi yang tersebar di internet. Selain bisa nulis, kita akan menambah ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kita sendiri. Dan ane sering menerapkan ternak blog ini untuk target jual, salah satu yang terbaru ialah Manfaat Jamu yang sekarang sudah mulai ada visitor.

Sedangkan untuk cara penerapan, ane sudah memperlajari dunia blog selama kurang lebih hampir 4 tahun. Dan sudah ane tuangkan pada curhatan ane sebelumnya. Baca dulu deh ” Pengalaman 3 Tahun Menjadi Blogger “. Dibagian bawah juga ada ebook sederhana yang mungkin bisa berguna. Jika sudah baca, yuk gak usah bertele-tele lagi. :D

~ Tips Ternak Blog Ala Newbie ~​

#1. Memilih Niche Yang Lebih Spesifik
Yang dimaksud ane ialah memilih pokok bahasan yang lebih tertuju. Seumpama tentang kesehatan, fokuskan pada jenis kesehatan tertentu. Salah satunya ialah tentang mata, hipertensi, kanker dan lain sebagainya. Pilih yang menurut agan sangat minim pesaing.

#2. Pintar Mengatur Waktu
Musuh utama blogger ialah perasaan malas. Jika hal ini terjadi, maka tinggalkan dulu blog dan coba refresing dan lakukan hal-hal baru yang agan sukai. Bisa berlibur atau menyalurkan hobi yang lain. Jadi ane sih tinggal lari ke pelabuhan dan langsung mancing :D

Guna mengatur waktu agar terlihat lebih konsisten, agan bisa menjadwalkan waktu pengeposan, usahakan membayar hutang jika kemarin anda tidak post (tujuannya agar robot google tetep rajin berkunjung pada blog kita). Intinya setiap tanggal (hari ) pada bulan tersebut terpenuhi. Tapi agan tidak perlu mengeluh, sebab tips ini hanya berlaku 2 bulan saja, selanjutnya bisa dikurangi perlahan.

#3. Jangan Buat Artikel Abal-abal
Meski agan hanya berniat untuk menghilangkan jenuh, tapi usahakan membuat artikel dalam blog tersebut tidaklah main-main. Yang perlu ditanamkan ialah pemikiran tentang jangka panjang, usahakan sulit tergeser, dan buatlah artikel dengan kualitas super (menurut penilaian agan). Paling tidak, buatlah artikel yang lebih panjang dan enak dibaca.

3 Tips diatas hanyalah pilar saja, masih banyak lagi yang perlu diperhatikan sebelum blog anda benar-benar di publish. Seperti tampilan (template), dan lain sebagainya.

Apa Keuntungan Berternak Blog?
Pertanyaan ini membuat ane sedikit senyum, sebab tidak sedikit yang mengatakan bahwa dengan mempunyai banyak blog malah akan memecah fokus dan tidak memaksimalkan blog yang lain. Intinya blog yang lain akan terbengkalai. Sebenarnya pernyataan anda bisa ane tepis dengan tips nomer 2 diatas. Tergantung bagaimana kita memanagenya.

Sedangkan keuntungan utama ialah membuang jenuh, dijadikan backlink untuk blog utama dan yang paling menggiurkan ialah bisa dijual (asal ada visitor). 3 Manfaat ini yang selalu ane pikirkan, toh ane yakin bahwa usaha yang kita lakukan tidak akan sia-sia jika kita lebih kreatif. :D

Demikianlah sedikit dari ane yang newbie… Mohon maaf atas kualitasnya,,, sebab ane sudah menjelaskan sebelumnya bahwa thread ini hanya ” Iseng”.. :D .. OK Selamat Mencoba!!!

Sumber :

https://www.bersosial.com/threads/cara-ternak-blog-untuk-newbie.45182/

One Reply to “Cara Ternak Blog Untuk Newbie”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *