ATM

ATM (bahasa Indonesia: Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggris: Automated Teller Machine atau Automatic Teller Machine 

Adalah sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang “teller” manusia.

Banyak ATM juga melayani penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli pulsa telepon seluler.

ATM sering ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti restoran, pusat perbelanjaan, bandar udara, stasiun kereta api, terminal bus, pasar swalayan, dan kantor-kantor bank itu sendiri.

SEJARAH ATM

Ide mengenai distribusi uang tunai di luar jam dikembangkan dari kebutuhan perbankan di Asia (Jepang), Eropa (Swedia dan Inggris) dan Amerika Utara (Amerika Serikat).
Sedikit yang diketahui tentang perangkat jenis ini di Jepang selain yang disebut “Mesin Komputer Pinjaman” yang memberikan uang tunai sebagai pinjaman tiga bulan sebesar 5%, setelah memasukkan kartu kredit.
Perangkat tersebut beroperasi pada tahun 1966.
Dalam rekaman paten Amerika Serikat, Luther George Simjian telah dikreditkan atas pengembangan “perangkat penemuan sebelumnya”.
Secara spesifik patennya yang ke-132 (US3079603), yang pertama kali diajukan pada 30 Juni 1960 (dan diberikan pada 26 Februari 1963).
Perangkat tersebut, disebut Bankograph, tertunda beberapa tahun, akibat perusahaan Simjian Reflectone Electronics Inc. yang diakuisisi oleh Universal Match Corporation.
Sebuah eksperimen Bankograph dipasang di New York City pada tahun 1961 oleh City Bank of New York, namun dicopot setelah enam bulan karena kurangnya penerimaan pelanggan.
Bankograph adalah mesin otomatis penyimpanan amplop (menerima koin, uang tunai dan cek) serta tidak memiliki fitur penarikan tunai.
ATM yang dipercayai secara luas sebagai yang pertama, dipergunakan oleh Barclays Bank di kantor cabangnya di Enfield Town di utara London, Britania Raya, pada 27 Juni 1967.
Mesin ini diresmikan oleh aktor komedi Inggris Reg Varney.
Instansi penemuan ini dikreditkan kepada tim teknik yang dipimpin oleh John Shepherd-Barrondari perusahaan percetakan De La Rue,
yang dianugerahi OBE pada tahun 2005. 
Transaksi tersebut diawali dengan menyisipkan cek kertas yang dikeluarkan oleh teller atau kasir, ditandai dengan karbon-14 untuk pembacaan mesin dan keamanan, yang dalam model terakhir dicocokkan dengan enam digit Nomor Identifikasi Pribadi (PIN).
Ide penyimpanan PIN pada kartu dikembangkan oleh Insinyur Britania Raya yang bekerja pada MD2 bernama James Goodfellow di tahun 1965 (paten GB1197183 diajukan pada 2 Mei 1966 dengan Anthony Davies).
Inti dari sistem ini adalah bahwa hal tersebut memungkinkan verifikasi nasabah dengan rekening didebit tanpa campur tangan manusia.
Paten ini juga merupakan Contohnya awal dari lengkap “sistem penyimpanan mata uang” dalam catatan paten.
Paten ini diajukan pada tanggal 5 Maret 1968 di Amerika Serikat (US 3.543.904) dan dikabulkan pada tanggal 1 Desember 1970.
Hal ini memiliki pengaruh besar pada industri secara keseluruhan.
Tidak hanya pendatang di masa depan ke dalam pasar penyimpanan uang tunai seperti NCR Corporation dan IBM melisensi sistem PIN Goodfellow, namun sejumlah paten belakangan mereferensikan paten ini sebagai “perangkat penemuan sebelumnya”.

Perangkat keras

ATM biasanya terdiri dari perangkat berikut:

  • CPU (untuk mengontrol antarmuka pengguna dan perangkat transaksi)
  • Pembaca magnetik dan/atau chipkartu (untuk mengidentifikasi nasabah)
  • Papan ketik PIN (mirip dalam tata letak papan kunci bantalan sentuh atau kalkulator), sering diproduksi sebagai bagian rangka penyimpanan.
  • Pengaman Kriptoprosesor, umumnya dalam bagian rangka yang aman.
  • Monitor (digunakan oleh nasabah untuk melakukan transaksi)
  • Tombol fungsi (biasanya dekat dengan layar) atau layar sentuh(digunakan untuk memilih berbagai aspek transaksi)
  • Mesin pencetak rekam (untuk menyediakan nasabah dengan catatan transaksi mereka)
  • Ruang penyimpanan (untuk menyimpan bagian-bagian mesin yang membutuhkan akses terbatas)
  • Housing (untuk estetika dan untuk melampirkan tanda tangan)

Karena tuntutan komputasi yang lebih berat dan jatuhnya harga arsitektur mesin seperti-Personal Computer, ATM sudah beralih dari arsitektur perangkat keras kustom menggunakan mikrokontroler dan/atau aplikasi-spesifik sirkuit terpadu untuk mengadopsi arsitektur perangkat keras dari sebuah Personal Computer, seperti, koneksi USB untuk peripheral, Ethernet dan komunikasi IP, dan menggunakan sistem operasi komputer pribadi.

Meskipun tidak diragukan lagi lebih murah untuk menggunakan perangkat keras komersial “di luar cangkang”, hal ini membuat ATM berpotensi rentan terhadap jenis masalah yang sama ditunjukkan oleh Personal Computer konvensional.

Perangkat lunak

Dengan migrasi ke komoditas perangkat keras Personal Computer, sistem operasi standar komersial “di luar cangkang”, dan lingkungan pemrograman dapat digunakan di dalam ATM.

Platform Khas sebelumnya digunakan dalam pengembangan ATM termasuk RMX atau OS/2.

Saat ini ini sebagian besar ATM di seluruh dunia menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, terutama Windows XP Professional atau Windows XP Embedded.

Sejumlah kecil penyebaran dapat masih menjalankan versi Windows OS seperti Windows NT, Windows CE, atau Windows 2000.

Terdapat pula industri keamanan komputer yang berpandangan bahwa sistem operasi desktop masyarakat umum memiliki risiko yang lebih besar sebagai sistem operasi untuk mesin pengeluaran uang daripada jenis lain dari sistem operasi seperti (aman) Sistem operasi waktu nyata (RTOS).

Linux juga menemukan beberapa penerimaan di pasar ATM.

Contoh dari hal ini adalah Banrisul, bank terbesar di selatan Brasil, yang mengganti sistem operasi MS-DOS di ATM nya dengan Linux.

Banco do Brasil juga me-migrasikan ATM-nya ke Linux.

Dengan terjadinya sistem operasi Windows dan XFS di ATM, aplikasi perangkat lunak memiliki kemampuan untuk menjadi lebih cerdas. Hal ini telah menciptakan generasi baru aplikasi ATM yang umum disebut sebagai aplikasi dwiprogram.

Jenis aplikasi ini memungkinkan sebuah host yang sama sekali baru teraplikasi di mana terminal ATM dapat melakukan lebih dari hanya sekadar berkomunikasi dengan switch ATM.

Saat ini sedang diberdayakan untuk terhubung ke server konten lain dan sistem video perbankan.

Perangkat lunak ATM terkemuka yang beroperasi pada platform XFS di antaranya Triton PRISM, Diebold Agilis EmPower, NCR APTRA Edge, Absolute Systems AbsoluteINTERACT, KAL Kalignite, Phoenix Interactive VISTAatm, dan Wincor Nixdorf ProTopas.

PENGGUNAAN

Pada ATM paling modern, nasabah diidentifikasi dengan memasukkan kartu ATM plastik dengan strip magnetik atau kartu pintar plastik dengan chip, yang berisi kartu yang bernomor unik dan beberapa informasi keamanan seperti tanggal kedaluwarsa atau Kode keamanan kartu (CVV).

Autentikasi ini disediakan oleh nasabah saat memasukkan nomor identifikasi pribadi(PIN).

ATM terbaru di Royal Bank of Scotland beroperasi tanpa kartu untuk menarik uang tunai hingga £100.

Pelanggan awalnya harus mendaftarkan nomor ponsel mereka dan bank akan memberikan kode enam digit untuk masuk ke ATM untuk menarik uang tunai tersebut.

Dengan menggunakan ATM, nasabah dapat mengakses rekening bank mereka untuk membuat penarikan, uang tunai melalui kartu debit, dan memeriksa saldo rekening mereka serta membeli kredit ponsel prabayar.

Jika mata uang yang ditarik dari ATM berbeda dengan rekening bank dalam mata uang (misalnya: Penarikan Yen Jepang dari rekening bank berisi Dolar AS), uang tersebut akan diubah satuan mata uangnya sesuai nilai tukar saat itu. Dengan demikian, ATM dapat dimanfaatkan untuk transaksi pertukaran uang bagi wisatawan asing.

Alternatif Penggunaan

Meskipun ATM awalnya dikembangkan hanya sebagai tempat mengambil uang tunai, alat ini telah berkembang untuk memasukkan banyak produk perbankan lainnya yang terkait seperti:

  • Mencetak rekening koran
  • Memperbarui buku tabungan
  • Membayar tagihan rutin:
    • Tagihan rumah tangga (televisi kabel, PAM, telepon dan listrik)
    • Tagihan sekolah/universitas
    • Asuransi
    • Pajak
  • Memperoleh pinjaman cepat
  • Memproses cek
  • Membayar (secara penuh/sebagian) saldo pada kartu kredit terkait dengan rekening tertentu.
  • Mentransfer uang antar rekening terkait (seperti transfer antar rekening tabungan), baik dari satu bank maupun dua bank berbeda yang berhubungan satu sama lain, jika tersedia.
  • Pengakuan deposito, penerimaan, dan peredaran uang.

Di beberapa negara, khususnya yang memanfaatkan jaringan ATM lintas bank terintegrasi.

ATM mencakup banyak fungsi yang tidak berkaitan langsung dengan pengelolaan rekening bank sendiri, seperti:

  • Memuat nilai uang ke Kartu Prabayar
  • Membeli:
    • Perangko
    • Tiket undian
    • Tiket transportasi (kereta api, pesawat, dsb)
    • Tiket konser
    • Tiket bioskop
    • Pulsa telepon seluler
    • Emas
  • Fitur permainan dan promosi
  • Donasi ke badan amal

5 Replies to “ATM”

  1. Stephen Curry back feel is extremely very hot, after five games thus far a total of 33 three-point shots, shot out a wave in a row, But outside the three-point line back concurrently for the world’s experiencing malaria area give substantial help, since the 2012-13 period, Stephen Curry with the Not foundation Nothing But Nets from the ‘Three for Three Difficult task, ‘ every hit a 3-pointer will donate 3 models of bed Nets regarding malaria prevention and manage, so love move not merely make the warriors recognized join funding, hypoallergenic furthermore use action now fairly, Curry 4 Low commencing launched “Nothing But Nets’ general public version, will provide the moth proofing as outlined by this color sales volume of Nets to the group, support charity plan with their fans.

    Tag: lebron james shoes air jordan 32 Lebron Shoes adidas yeezy curry 4 footlocker kyrie irving shoes nike kyrie 4 kyrie 3 yeezy supreme adidas yeezy kyrie 4 confetti Nike Football Cleats Nike CR7 Football Boots calvin klein Adidas Casual curry 2 Nike CR7 kyrie 4

    ugg 5815 adidas tennis hu pharrell kd shoes new era caps yeezy boost triple white kyrie shoes triple s Shoes stephen curry shoes adidas yeezy boost 350 v2 zebra mizuno running shoes kd 10 calvin klein adidas nmd shoes adidas nmd kyrie 2 kyrie irving shoes puma rihanna creepers velvet nike air force 1 Nike lebron soldier 11 kyrie 4 confetti michael jordan shoes yeezy supreme john wall shoes ultra boost hand spinner d rose 8 adidas boost kyrie irving basketball shoes yeezy boost 350 v2 nike pg 2

  2. The following time I learn a blog, I hope that it doesnt disappoint me as a lot as this one. I mean, I do know it was my option to read, but I actually thought youd have one thing attention-grabbing to say. All I hear is a bunch of whining about one thing that you could possibly repair in the event you werent too busy searching for attention.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *