Asynchronous Transfer Mode

Asynchronous Transfer Mode

Asynchronous Transfer Mode atau Mode Transfer Asinkron (disingkat ATM) adalah nama sebuah jaringankhusus.

ATM merupakan sebuah teknologi lapisan 2, yang dapat digunakan oleh siapa saja, namun sekaligus merupakan sebuah jaringan publik sebagaimana halnya Internet, dengan sistem pengalamatan yang dikelola secara rapi, sehingga setiap perangkat di dalam jaringan dapat memiliki sebuah identitas yang unik.

Mengenal Asynchronous Transfer Mode

Asynchronous Transfer Mode merupakan standar internasional untuk cell relay di mana multiple tipe layanan (semisal suara digital / voice, video, atau data) disampaikan dalam fixed length(53-byte) cells.

Fixed-length cellsmemungkinkan proses sel (cell) berlangsung dalam perangkat keras(hardware), dengan demikian akan mereduksi keterlambatan transmit.

ATM dirancang untuk transmisi media berkecepatan tinggi seperti E3, SONET, dan T3.

Pada ATM seluruh informasi yang akan ditransfer akan dibagi menjadi slot-slot dengan ukuran tetap yang disebut sel. Ukuran sel pada ATM adalah 53 oktet (1 oktet =8 bits) yang terdiri dari :

  • 48 oktet untuk field informasi, dan
  • 5 oktet untuk header.

Sebagai teknologi yang dipilih oleh International Telecommunication Union (ITU, sebelumnya CCITT) untuk ISDN jalur lebar (broadband), protokolkomunikasi ini juga dispesifikasikan oleh ATM Forum untuk transmisi 155 Mbps pada layer data link menggunakan kabel twisted pair dan aplikasi dalam pengkabelan fiber optik dalam versi yang terakselerasi dari Asynchronous Time Division Multiplexing (ATDM) untuk membawa banyak aliran informasi melalui sebuah kanal komunikasi.

ATM berbeda dalam beberapa hal dari teknologi data link lain yang lebih umum seperti Ethernet.

Sebagai contoh, ATM tidak melibatkan routing.

Komponen perangkat keras yang disebut ATM Switch membentuk koneksi point to point antara kedua ujung transmisi, dan data mengalir langsung dari sumber ke tujuan.

ATM tidak menggunakan paket dengan panjang yang berubah-ubah, tetapi menggunakan sel berukuran tetap.

Kinerja ATM diekspresikan dalam bentuk tingkatan OC (Optical Carrier), dan ditulis sebagai “OC-xxx”.

Tingkatan kinerja setinggi 10 Gbps (OC-192) secara teknis bisa dicapai dalam ATM.

OC-3 (155 Mbps) dan OC-12 (622 Mbps) adalah tingkatan kinerja yang lebih umum untuk ATM.

ATM dirancang untuk mendukung pengelolaan pita lebar (bandwidth) yang lebih mudah.

Tanpa adanya routing dan dengan sel berukuran tetap, pengguna dapat dengan mudah memonitor dan mengendalikan pita lebar (bandwidth) ATM dibandingkan dengan Ethernet.

Karakteristik

Teknologi ATM menawarkan dua karakteristik yang memperbaiki tingkat kecepatan transfer data.

Pertama, besarnya paket yang dikomunikasikan menjadi lebih kecil jika dibandingkan dengan protokol-protokol untuk sistem telepon, sehingga memungkinkan paket-paket dari pengguna yang berbeda yang melewati jaringan pada waktu yang bersamaan dapat dikelompokkan secara merata.

Karakteristik ATM yang kedua adalah meningkatnya kecepatan, dari 25 hingga 155 Mbps.

Bahkan, peralatan ATM dapat menggabungkan 16 saluran menjadi satu untuk menghasilkan kecepatan transfer hampir sebesar 2,5 juta bit per detik.

Apple Talk

AppleTalk adalah sebuah protokol jaringan yang dikembangkan khusus untuk jaringan yang terdiri atas komputer-komputer Apple Macintosh, yang mengizinkan para penggunanya untuk saling berbagi berkas dan printeragar dapat diakses oleh pengguna lainnya.

AppleTalk merupakan teknologi yang sudah dianggap usang yang kini telah digantikan oleh Apple Open Transport, yang juga mendukung AppleTalk itu sendiri, protokol TCP/IPdan beberapa protokol jaringan lainnya.

AppleTalk adalah sebuah teknologi jaringan yang hanya mendukung hingga 254 node untuk tiap jaringan fisiknya.

AppleTalk dapat berjalan di atas protokol LocalTalk, sebuah antarmuka serial RS-499/RS-422 yang terdapat di dalam komputer Apple Macintosh.

Pada versi AppleTalk Phase II yang lebih baru, protokol yang didukung pun semakin luas, yakni EtherTalk (untuk konektivitas dengan Ethernet), TokenTalk (untuk konektivitas dengan Token Ring), dan FDDITalk (untuk konektivitas dengan FDDI).

Alamat mesin di dalam jaringan berbasis AppleTalk secara acak akan diberikan ketika mesin tersebut dikoneksikan ke jaringan tersebut, dan mesin tersebut akan membuat sebuah paket yang dikirimkan secara broadcast untuk menjamin bahwa tidak ada mesin lainnya yang menggunakan alamat tersebut.

Pengalamatan dinamis ini disebut dengan AppleTalk Address Resolution Protocol (AARP).

Internetwork AppleTalk secara logis dibagi ke dalam beberapa zona di mana fungsi utamanya adalah untuk membuat sumber daya jaringan lebih mudah untuk diakses oleh pengguna.

Sebuah zona AppleTalk adalah sebuah representasi logis dari beberapa node jaringan AppleTalk yang dapat terdiri atas beberapa jaringan fisik.

Pemetaan antara zona dan alamat jaringan akan dilakukan oleh protokol Zone Information Protocol (ZIP), yang kemudian membuat Zone Information Table (ZIT) yang nantinya disimpan di dalam router AppleTalk.

Aol.

AOL Inc (sebelumnya dikenal sebagai America Online, ditulis sebagai AOL dan ditata sebagai Aol.)

Adalah sebuah perusahaan media massa multinasional Amerika yang berbasis di New York City yang berkembang, tumbuh, dan berinvestasi dalam merek dan situs web.

Bisnis perusahaan meliputi distribusi digital konten, produk, dan jasa, yang menawarkan kepada konsumen, penerbit, dan pengiklan.

SEJARAH

AOL didirikan pada tahun 1983 dengan nama Joe Video Corporation (JVC). Produk tunggal AOL dalah Gameline.

Pelanggan membeli modem dari perusahaan untuk 1 porsi baso dan membayar satu kali biaya setup 1 juta.

Para pelanggan Gameline diizinkan untuk sementara download game dan melacak nilai yang tinggi, dengan biaya $ 1 per game.

Telepon terputus dan permainan ter-download akan tetap berada di Gameline Master Module dimainkan sampai pengguna mematikan atau mendownload konsol permainan lain.

 

Pada tahun 1983, Steve Case telah dipilih sebagai konsultan pemasaran CVC atas rekomendasi kakaknya, banker investasi Dan Case.

Pada bulan Mei 1983, Jim Kimsey menjadi konsultan manufaktur Control Video, yang dekat kebangkrutan. Kimsey dibawa oleh Frank Caufield

 

Pada tanggal 24 Mei 1985, Control Video direorganisasi sebagai Quantum Computer Services, Inc. dengan Kimsey sebagai CEO, dan Marc Seriff sebagai CTO.

Dari 100 karyawan dari Control Video, hanya 10 yang menetap di perusahaan baru.

 

Kimsey mengubah strategi perusahaan, dan pada tahun 1985 meluncurkan layanan online khusus untuk komputer Commodore 64 dan Commodore 128 dengan nama Quantum Link.

Quantum juga pernah bekerjasama dengan Apple Computer untuk meluncurkan AppleLink untuk komputer Apple II dan komputer Macintosh .

Disamping itu juga bekerjasama dengan Tandy Corporation.

Pada tahun 1989, Quantum Computer resmi mengubah nama layanan menjadi America Online.

 

Pada bulan September 1993, AOL menambahkan servis USENET.

AOL pernah mengungguli Prodigy dan CompuServe.

Awalnya, AOL mengenakan biaya per jam bagi para penggunanya, namun pada tahun 1996 ini berubah dan tingkat rata $ 19,99 per bulan didakwa.

Dalam waktu tiga tahun, userbase AOL tumbuh hingga 10 juta orang.

Selama waktu ini, koneksi AOL akan dibanjiri dengan pengguna mencoba untuk naik, dan banyak dibatalkan karena akun mereka sinyal sibuk terus-menerus.

Pada tahun 1995 AOL bermarkas di 8619 Westwood Center Drive di Tysons Corner CDP, Fairfax County, Virginia.dekat kota Vienna.

 

Pada tahun 1996, AOL pindah ke 22000 AOL Way di kota Dulles, Virginia.

Perpindahan ini berlangsung pada pertengahan tahun 1996 dan memberikan ruang untuk pertumbuhan pada masa depan.

Oleh karena itu dalam lima tahun tengara sekarang perjanjian dengan sistem operasi yang berkuasa pemenang AOL dibundel dengan Windows.

Pada bulan Januari 2000, perusahaan America Online dan perusahaan Time Warner menyatakan bergabung dengan jumlah saham perusahaan America Online paling tidak 55% dari perusahaan AOL yang baru ini.

 

Pada tahun 2004, AOL juga menyediakan pilihan untuk salam personalisasi yang memungkinkan pengguna untuk mendengar namanya saat mengakses fungsi dasar dan surat peringatan, atau saat login atau keluar.

 

Pada tahun 2005, AOL meluncurkan Live 8, dan TMZ.com.

Pada tahun 2006, AOL memberitahu para pelanggan Amerika itu akan meningkatkan harga dari akses dial-up ke $ 25,90.

Peningkatan ini bagian dari upaya untuk bermigrasi layanan yang tersisa pengguna dial-up ke broadband, karena harga meningkat dengan harga yang sama mereka telah pengisian bulanan akses DSL.

Pada tanggal 3 April tahun yang sama, AOL mengumumkan bahwa perusahaan ini berhenti untuk menggunakan nama lengkap “America Online”; nama resmi dari layanan sekarang “AOL”, dan nama subdivisi TimeWarner adalah “AOL, LLC.”

 

Sementara itu, AOL, melalui subdivisi Kids’ AOL (KOL), bekerjasama dengan DIC Entertainment dan CBS mendirikan Secret Slumber Party on CBS.

AOL mengelola situs blok acara tersebut, dan menghasilkan layanan pengumuman khusus baik untuk televisi maupun online.

Aliansi ini adalah apa yang menyebabkan perubahan nama untuk blok ini (yang semula bernama CBS’s Saturday Morning Secret Slumber Party), dan juga karena beberapa program yang ditayangkan pada hari Minggu (tergantung pada pemasaran).

 

Pada tahun 2007, KOL keluar dari sponsor blok acara dari CBS.

Sesudah itu, AOL secara resmi pindah ke kota New York City dan menggabungkan berbagai unit iklan ke anak perusahaan baru yang disebut Platform A. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 17 September 2007.

 

Pada tanggal 6 Februari 2008, CEO Time Warner Jeff Bewkes mengumumkan bahwa Time Warner akan memecah akses Internet dan bisnis iklan AOL menjadi dua, dengan kemungkinan kemudian menjual divisi akses Internet.

 

Pada bulan Mei 2009,Time Warner memutuskan untuk menghentikan operasi dengan AOL, dan mengumumkan bahwa mereka akan menetapkan AOL sebagai perusahaan independen sekali pangsa Google berakhir pada tahun itu juga.

 

AOL tidak lagi menjadi bagian dari Time Warner sejak 9 Desember 2009.

AOL menyatakan Penawaran umum perdana pada tanggal 9 bulan itu, dengan simbol saham dari Bursa saham New York: AOL.

PEJABAT

Marc Andreessen (Netscape co-founder)

Jim Barksdale (former director)

John Barnes (former head researcher)

Randall Boe (Executive Vice President and General Counsel)

Jason Calacanis (former CEO of Weblogs, Inc. and former GM of Netscape)

Steve Case (former CEO and Board Chairman)

Mary Cheney (former Vice President for Consumer Advocacy)

Elwood Edwards (Voice actor)

Randy Falco (former CEO and Board Chairman)

Justin Frankel (Nullsoft founder)

Maureen Govern (former CTO)

Ron Grant (former President and COO)

Alexander Haig (former Director)

Michael Jones (former CEO of Userplane)

Jim Kimsey (former CEO and Board Chairman)

Ted Leonsis (Vice Chairman, President AOL Audience Group)

Jonathan Miller (former CEO and Board Chairman)

Robert W. Pittman (former President)

Colin Powell (former Director)

Michael Powell (involved during merge with Time Warner)

Barry Schuler (former CEO)

Marc Seriff (former CTO)

Jason Smathers (former AOL employee convicted of stealing America Online’s 92 million screen names and selling it to known spammers.)

Jean Villanueva (former Vice President of Corporate Communications, married Steve Case in 1998)

PESAING BERAT :

1. Google

2. MSN

3. Yahoo!

 

Akuisisi

1.Diperoleh : Agustus 1994

Perusahaan : Redgate

Bisnis : CommunicationsInternet service provider

Negara : USA

Harga : $33.000.000

2.Diperoleh : November 1994

Perusahaan : BookLink Web browser

Negara :  USA

Harga : $30.000.000

3.Diperoleh : 30 November 1994

Perusahaan : NaviSoft

Bisnis : Web server

Negara : USA

4.Diperoleh : Mei 1995

Perusahaan : Medior User

Bisnis : interface design

Negara : USA

5. Diperoleh : 22 September 1995

Perusahaan : Ubique Virtual

Bisnis : places ISR

6. Diperoleh : 1 Februari 1996

Perusahaan : Johnson-Grace

Bisnis : Data compression

Negara : USA

7. Diperoleh : 6 Agustus 1996

Perusahaan : ImagiNation Network

Bisnis : Online game

Negara : USA

8.Diperoleh : 25 November 1996

Perusahaan : Global Network Navigator

Bisnis : Web browser

Negara : USA

9. Diperoleh : 10 November 1997

Perusahaan : CompuServe

Bisnis : Online service

Negara : USA

Harga : $175.000.000

10. Diperoleh : 26 Januari 1998

Perusahaan : Personal Library Software

Bisnis : Search engine

Negara : USA

11. Diperoleh : 8 Juni 1998

Perusahaan : Mirabilis

Bisnis : Instant messaging ISR

Harga : $287.000.000

12. Diperoleh : 24 November 1998

Perusahaan : Netscape

Bisnis : Web browser

Negara : USA

Harga : $4.200.000.000

13. Diperoleh : 27 Mei 1999

Peruaahaan : Moviefone

Bisnis: Film database

Negara : USA

Harga : $525.000.000

14. Diperopeh : 1 Juni 1999

Perusahaan : Nullsoft

Bisnis : Media player

Negara : USA

Harga : $80.000.000

15. Diperoleh : 1 Juni 1999

Perusahaan : Spinner.com

Bisnis : Media player

Negara : USA

Harga : $320.000.000

16. Diperoleh : Oktober 1999

Perusahaan : Gateway.net

Bisnis : Internet service provider

Negara : USA

Harga : $800.000.000

17. Diperoleh : 3 Desember 1999

Perusahaan : Tegic

Bisnis : Predictive text

Negara : USA

18. Diperoleh : 22 Desember 1999

Perusahaan : WapQuest

Bisnis : Web mapping

Negara : USA

Harga : $1.100.000.000

19. Diperoleh : 2 September 2000

Perusahaan : Quack.com

Bisnis : Voiceportal

Negara : USA

Harga : $200.000.000

20.Diperoleh : 5 September 2000

Perusahaan : iAmaze

Bisnis : HTML editor

Negara : USA

21. Diperoleh 19 Mei 2001

Perusahaan : InfoInterActive

Bisnis : Telecommunications

Negara : CAN

Harga : $28.200.000

22. Diperoleh : Juli 2001

Perusahaan : eVoice

Bisnis : Telecommunications

Negara : USA

23. Diperoleh : 19 November 2003

Perusahaan : Singingfish

Bisnis : Audio/Video search engine

Negara : USA 

24. Diperoleh 24 Juni 2004

Perusahaan : Advertising.com

Bisnis : Online advertising

Negara : USA

Harga : $435.000.000

25. Diperoleh : 3 Agustus 2004

Perusahaan : MailBlocks

Bisnis : E-mail service provider

Negara : USA

26. Diperoleh : 3 Agustus 2005

Perusahaan : Xdrive

Bisnis : Online storage

Negara : USA

27. Diperoleh : 7 Agustus 2005

Perusahaan : Wildseed Mobile

Bisnis : software

Negara : USA

28. Diperoleh 5 Oktober 2005

Perusahaan : Weblogs, Inc.

Bisnis : Weblog network

Negara : USA

29. Diperoleh : 3 November 2005

Perusahaan : MusicNow

Bisnis : Online music store

Negara : USA

30. Diperoleh : 10 Januari 2006

Perusahaan : Truveo

Bisnis : Video search engine

Negara : USA

31. Diperoleh : 17 Mei 2006

Perusahaan : Lightningcast

Bisnis : Internet marketing

Negara : USA

32. Diperoleh : 13 Agustus 2006

Perusahaan : Userplane

Bisnis : Social network service

Negara : USA

33. Diperoleh : 16 Agustus 2006

Perusahaan : GameDaily

Bisnis : Video game journalism

Negara : USA

34. Diperoleh : 8 November 2006

Perusahaan : Relegence

Bisnis : Financial services

Negara : USA

35. Diperoleh : 14 Mei 2007

Perusahaan : Third Screen

Bisnis : Media Mobile advertising

Negara : USA

36. Diperoleh : 15 Mei 2007

Perusahaan : AdTech

Bisnis : Advertising technology provider

Negara : DEU

37. Diperoleh : 23 Juli 2007

Perusahaan : Tacoda

Bisnus : Advertising network

Negara : USA

Harga : $285.000.000

38. Diperoleh : 7 November 2007

Perusahaan : Quigo

Bisnis : Advertising network

Negara : USA

39. Diperoleh : 5 Februari 2008

Perusahaan : buy.at

Bisnis : Affiliate network

Negara : USA

40. Diperoleh : 13 Maret 2008

Perusahaan : Bebo

Bisnis : Social network service

Negara : UK

Harga : $850.000.000

41. Diperoleh 14 April 2008

Perusahaan : Sphere

Bisnis : Web search engine

Negara : USA

42. Diperoleh : 15 Agustus 2008

Perusahaan : Socialthing

Bisnis : Social Network Aggregator

Begara : USA

43. Diperoleh 11 Juni 2009

Perusahaan : Patch

Bisnis : Local search (Internet)

Negara : USA

44. Diperoleh 11 Juni 2009

Perusahaan : Going

Bisnis : Local search (Internet)

Negara : USA

45. Diperoleh : 28 September 2010

Perusahaan : TechCrunch

Bisnis : blog teknologi

Negara : USA

AirPort

AirPort adalah protokol networking nirkabel yang dikembangkan oleh Apple Computer dan bisa digunakan untuk komputer Macintosh maupun PC.

AirPort menggunakan standar IEEE 802.11b atau biasanya dikenal sebagai Wi-Fi dan telah dinyatakan kompatibel dengan perangkat 802.11b lainnya. Menurut Apple, AirPort bisa mencapai kecepatan 11 megabit per detik dalam jarak 150 kaki atau 45 meter dari sumbernya.

AES

ADVANCED ENCRYPTION STANDART

Dalam kriptografi, Advanced Encryption Standard (AES) merupakan standar enkripsi dengan kunci-simetris yang diadopsi oleh pemerintah Amerika Serikat.

Standar ini terdiri atas 3 blok cipher, yaitu AES-128, AES-192 and AES-256, yang diadopsi dari koleksi yang lebih besar yang awalnya diterbitkan sebagai Rijndael.

Masing-masing cipher memiliki ukuran 128-bit, dengan ukuran kunci masing-masing 128, 192, dan 256 bit.

AES telah dianalisis secara luas dan sekarang digunakan di seluruh dunia, seperti halnya dengan pendahulunya, Data Encryption Standard (DES).

 

AES diumumkan oleh Institut Nasional Standar dan Teknologi (NIST) sebagai Standar Pemrosesan Informasi Federal (FIPS) publikasi 197 (FIPS 197) pada tanggal 26 November 2001 setelah proses standardisasi selama 5 tahun, di mana ada 15 desain enkripsi yang disajikan dan dievaluasi, sebelum Rijndael terpilih sebagai yang paling cocok.

AES efektif menjadi standar pemerintah Federal pada tanggal 26 Mei 2002 setelah persetujuan dari Menteri Perdagangan.

AES tersedia dalam berbagai paket enkripsi yang berbeda. AES merupakan standar yang pertama yang dapat diakses publik dan sandi-terbuka yang disetujui oleh NSA untuk informasi rahasia.

 

Rijndael dikembangkan oleh dua kriptografer Belgia, Joan Daemen dan Vincent Rijmen, dan diajukan oleh mereka untuk proses seleksi AES. Rijndael (diucapkan [rɛinda ː l]) adalah permainan kata dari kedua nama penemu.

 

Ada 10, 12, atau 14 putaran (round) dalam AES. Jumlah kitaran ini sesuai dengan ukuran kunci yang digunakan.

 

Setiap putaran menjalankan fungsi – fungsi berikut:

 

Penggantian Byte yang sama seperti DES

Peralihan = Pertukaran baris

Campur Jalur = Peralihan Kiri & XOR Bit-bit.

Penambahan Subkunci = XOR Bagian Kunci dengan Keputusan Kitaran